Friday, November 17, 2017

Adopsi Alternatif Memancing Kehamilan. Mengapa Tidak?

Menjadi orang tua dari anak kandung sendiri sudah pasti merupakan harapan setiap pasutri. Kehadiran sang buah hati yang telah ditunggu, apalagi mereka pasangan suami istri yang telah menikah sekian lama namun belum kunjung dikaruniai buah hati. Tak jarang cara apapun dilakukan oleh pasutri agar dapat segera diberi momongan. Mulai dari segala macam cara medis ataupun non-medis termasuk antara lain dengan anak pancingan. Anak pancingan atau apapun istilahnya adalah sebuah mitos yang banyak beredar di masyarakat Indonesia bahwa dengan memungut anak orang lain akan memancing pasutri segera memiliki anak kandung sendiri.

Adopsi Alternatif Memancing Kehamilan
Adopsi Alternatif Memancing Kehamilan
Mengadopsi sebaiknya dilakukan dengan cara legal. Agar tidak terjadi pelanggaran hukum atas hak-hak anak seperti penggelapan asal-usul anak atau pelanggaran atas penyalahgunaan adopsi anak seperti perdagangan anak dan eksploitasi anak.

Menurut Dra. Magdalena Sitorus dari KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia), prinsip dasar pengangkatan anak hanya dapat dilakukan demi kepentingan terbaik anak, tidak memutuskan ikatan darah anak dan orang tua kandung, agama yang sama antara anak dan calon orang tua serta pengangkatan oleh warga negara asing dilakukan sebagai upaya terakhir. sebelumnya, keriteria pasutri yang dapat melakukan adopsi antara lain :
  • Telah menikah 5 tahun
  • Usia istri 30 tahun dan suami 45 tahun
  • Sehat fisik dan mental
  • Penghasilan yang cukup untuk merawat dan membesarkan anak
  • Tidak memiliki anak kandung, memiliki 1 anak kandung, tidak mungkin memiliki anak kandung menurut keterangan dokter atau memiliki 1 anak angkat tapi tidak memiliki anak kandung.
  • Bersedia diwawancarai dan menerima kunjungan rumah dari pekerja sosial yayasan atau pemerintah.
  • Hadir di pengadilan dan bersedia membiayai untuk perkara yang bersangkutan.
Mengadoposi anak bukanlah semata-mata memancing kehamilan agar lebih cepat namun tegakan niat baik anda yang meletarbelakangi proses adopsi tersebut adalah ingin menolong dan menyayangi anak-anak yang kurang beruntung.


No comments:

Post a Comment

Adopsi Alternatif Memancing Kehamilan. Mengapa Tidak?

Menjadi orang tua dari anak kandung sendiri sudah pasti merupakan harapan setiap pasutri. Kehadiran sang buah hati yang telah ditunggu, apa...